Cara Mudah Membuat Full backup Database Website di cPanel

Artikel ini akan membantu webmaster sekalian untuk memanfaatkan fitur yang ada di Cpanel untuk keperluan Backup file website, database, atau email kita. Hal ini dapat kita lakukan bahkan untuk seorang pemula sekalipun. Kami letakkan tutorial ini pada level mudah. Silakan baca selengkapnya, tutorial dengan gambar untuk memudahkan Anda.Pertama masuk/login terlebih dahulu ke Cpanel:

Fokus ke kategori Files:

Sudah mulai terlihat kan? Menu mana yang akan kita gunakan? Yup benar, Gunakan Menu Backup Wizard:

Setelah klik menu Back Up Wizard di Cpanel, Maka akan tampil halaman dengan dua (2) menu, karena kita sedang bahas cara backup file. Berarti kita harus klik menu Backup:

Akan muncul lagi halaman dengan beberapa menu yaitu:

  • Full Backup
  • Home Directory
  • MySQL Database
  • Email Forwarders & Filters

Nah, disini yang perlu kita ketahui ialah menu-menu tersebut memiliki fungsi backup yang berbeda-beda.

Full Backup yaitu untuk backup semua File di Home Directory, Database, Email, Settingan Paket, Konfigurasi server, hingga Username Cpanel. Memang terlihat lengkap bukan? Tetapi Backup ini apabila di Restore, juga perlu menggunakan fasilitas Full Restore yang hak aksesnya hanya di miliki oleh Root (yaitu orang yang mengkonfigurasi server, yaitu Kami penyedia Shared Hosting) Namun adapun beberapa pihak Web Hosting tidak bisa atau tidak mau melakukan Full Restore dengan beberapa alasan. Utamanya karena full restore akan mengakibatkan duplikat username (karena username akan sama dengan ketika kita Full Backup).

Home Directory yaitu untuk backup semua File yang ada di Home Directory.

MySQL Database yaitu untuk backup semua database MySQL yang terkonfigurasi di hosting.

Email Forwarders & Filters yaitu untuk backup semua email alias yang ada di hosting.

Semua file akan di kompress ke satu file berformat .tar.gz atau .gz. Untuk extract file ini cukup gunakan aplikasi Winzip, Winrar, atau extractor bawaan OS Anda.

Nah Anda sudah cukup paham bukan? Jika ingin melakukan backup rutin cukup lakukanlah backup Home Directory dan MySQL Database saja.